PEMILIHAN DUTA BACA PERPUSTAKAAN TERPADU TAHUN 2023

PEMILIHAN DUTA BACA PERPUSTAKAAN TERPADU TAHUN 2023

Tanjungpinang, 18 Oktober 2023 - Perpustakaan merupakan bagian tak terpisahkan dalam dunia pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ini menjadi pusat sumber belajar yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan di perguruan tinggi. Di Provinsi Kepulauan Riau, Perpustakaan Terpadu Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Tanjungpinang hadir sebagai salah satu jenis perpustakaan perguruan tinggi yang berperan penting dalam memberikan akses ke pengetahuan.

Untuk pertama kalinya, Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang menggelar pemilihan Duta Baca, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memotivasi peningkatan minat baca di kalangan mahasiswa, dosen, dan staf perguruan tinggi, serta masyarakat luas pada umumnya. Pemilihan Duta Baca ini menjadi bukti keterlibatan perpustakaan dalam mendukung program pemerintah, terutama dalam upaya pembudayaan kegemaran membaca.

Duta Baca dianggap sebagai panutan yang dapat mempengaruhi dan mendorong pertumbuhan minat baca. Sebanyak 20 orang mendaftar untuk menjadi Duta Baca, yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Proses seleksi dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi administrasi, di mana peserta diminta untuk membuat esai tentang pentingnya membaca. Tahap kedua melibatkan presentasi dan sesi tanya jawab tentang esai yang telah dibuat oleh para peserta.

Setelah proses seleksi, terpilihlah 14 orang sebagai finalis Duta Baca, terdiri dari 2 orang dosen, 2 orang tenaga kependidikan, dan 10 mahasiswa. Puncak pemilihan Duta Baca Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Oktober 2023. Acara tersebut dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, Bapak Iwan Iskandar, SKM., MKM, dan ditutup oleh Wakil Direktur III, Bapak Haryadi, S.Kp., MPH.

Pemilihan Duta Baca ini juga dimeriahkan dengan kehadiran juri yang terdiri dari Ibu Novitra Valentina Tarigan, S.Sos, dan Ibu Irzalelayanti, S.Sos, dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau, serta Ibu Anggun Aprilia Savitri, A.Md, dari Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Duta Baca yang terpilih akan terlibat dalam berbagai kegiatan di perpustakaan, termasuk program-program internal dan eksternal, yang bertujuan untuk mempromosikan perpustakaan dan membangun budaya literasi di kalangan mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Mereka akan menjadi duta yang mempromosikan pentingnya membaca sebagai sarana untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan di era informasi ini. Semoga inisiatif ini akan membawa dampak positif dalam meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Tanjungpinang.

Kontak Kami

Jalan Arif Rahman Hakim,  Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29113

  • dummy+62 (771) 24086

  • dummy+62 813-7858-2652

  • dummypoltekkestanjungpinang@yahoo.co.id

  • dummy Senin – Kamis (07:30 – 16:00 WIB)            Jum’at (07.30 – 16.30 WIB)

Pengunjung

Indonesia 93.32% Indonesia
unknown 3.28% unknown
United States 2.36% United States

Total:

26

Negara
1049090
Hari Ini: 149
Kemarin: 181

Search