EKONOMI KREATIF & STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM DI PULAU PENYENGAT

EKONOMI KREATIF & STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM DI PULAU PENYENGAT

Tanjungpinang, 12 Nopember 2024. Pusat Unggulan Iptek Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang melaksanakan pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pulau Penyengat. Bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau. Mengundang Narasumber Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Bapak Devi Andika, S.So, M.AP dan Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Ibu Afitri Susanti S.Psi., MM., Ch.t.

Bapak Devi Andika, S.So, M.AP  menyampaikan Ekonomi Kreatif di kepulauan riau memiliki beberapa aspek ekraf yang meliputi Kreatif Kulinery, Musik dan Pertunjukan, Kerajinan Tangan serta Kreatif Digital. Untuk meningkatkan add value suatu Ekonomi Kreatif harus memiliki 5W1H. dimana sebuah produk ekomomi harus memiliki kualitas yang baik dalam pemasarannya. Selain itu produk yang diperjualkan harus memiliki status Legal. Strategi Added Value  Yang Dapat Diterapkan dalam memasarkan produk meliputi:

  1. Inovasi Produk (Pengembangan Desain dan Variasi Produk)
  2. Kualitas (Peningkatan Kualitas Bahan dan Standarisasi)
  3. Branding (Pembuatan Identitas Merek dan Cerita di Balik Produk)
  4. Pemasaran dan Distribusi (Pemasaran Digital Kolaborasi dengan Influencer)
  5. Pengembangan Jaringan (Kemitraan dan Komunitas Kreatif)
  6. Pelatihan dan Pendidikan (Workshop dan Seminar serta Mentoring)
  7. Sustainable (berkelanjutan) Feedback dari Konsumen (Survei dan Uji Pasar serta Cepat beradaptasi dan melakukan perbaikan berdasarkan umpan balik yang diterima).

Materi selanjutnya yaitu tentang Bisnis Plan, Strategi Pemasaran Digital Dan Implementasinya Bagi Pelaku UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Global. Business Plan adalah suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana, yang disampaikan oleh Ibu Afitri Susanti S.Psi., MM., Ch.t.

Strategi Pemasaran Digital adalah rencana untuk memanfaatkan berbagai saluran digital untuk mencapai tujuan bisnis. Strategi ini dapat menggunakan metode gratis maupun berbayar, tergantung pada anggran dan tujuan bisnis.

Strategi Digital Marketing yang dapat Diterapkan Oleh UMKM Digital marketing memiliki peran yang sangat vital dalam era digital saat ini, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan kekuatan serta potensi yang dimiliki oleh digital marketing, UMKM dapat mengatasi keterbatasan sumber daya yang mereka miliki dan bersaing secara efektif dengan perusahaan-perusahaan besar. Melalui penerapan strategi digital marketing yang efisien, UMKM memiliki peluang untuk memperluas cakupan bisnis. bagi semua pelaku UMKM untuk memaksimalkan pemanfaatan digital marketing.

Materi yang di sampaikan oleh Bapak Devi Andika, S.So, M.AP dan Ibu Afitri Susanti S.Psi., MM., Ch.t.  sangatlah bermanfaat bagi Peserta UMKM di Pulau Penyengat, melalui materi yang sudah dipaparkan peserta menjadi lebih paham dan lebih semangat untuk melakukan pemasaran produk dan membuat produk lebih berkualitas.'

Kontak Kami

Jalan Arif Rahman Hakim,  Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau 29113

  • dummy+62 (771) 24086

  • dummy>+62 822 8678 8242

  • dummypoltekkestanjungpinang@yahoo.co.id

  • dummy Senin – Kamis (07:30 – 16:00 WIB)            Jum’at (07.30 – 16.30 WIB)

Pengunjung

Indonesia 94.77% Indonesia
United States 2.51% United States

Total:

58

Negara
1105193
Hari Ini: 54
Kemarin: 129

Search